hari gini, masihkah perlu menulis bagus?

semua (calon) penulis pastinya menginginkan bisa menulis bagus. setiap (calon) penulis pastinya mempunyai seorang penulis favorit dari generasi sebelumnya. hal ini terjadi karena dulu kala, media untuk mempublikasikan tulisan masih sedikit yakni koran dan kawan-kawan sejenisnya.

keadaan itu menyebabkan susahnya penulis dikenal dan mempunyai fans. karena yang tulisannya sukses terpublish sangat sedikit lama-lama menulis dianggap sebagai pekerjaan yang begitu susahnya. sampai-sampai untuk menunjukkan (secara tak sengaja) kesulitannya mereka memilih kehidupan yang zuhud. kumal, buram dan ruwet!

saya pernah mendengar ada candaan yang beredar disela-sela obrolan tentang buku, film atau musikal bahwa semakin pembaca atau penoton tak memahami isi atau apa yang ingin di sampaikan, karya tersebut makin dianggap bagus. kalau tak ngomong bagus, akan dianggap tak paham! 🙂

namun menurut @mumualoha, menulis adalah pekerjaan pertukangan biasa yang tak memerlukan passion, tapi harus profesional. dan ucapannya itu ia buktikan dengan bisanya ia menulis mengenai apa saja. mulai dari menulis berita, menulis novel, kritik film, portal berita syariah dan buku “kenang-kenangan” temannya yang telah meninggal.

itulah yang mengemuka pada kelas Creative Writing yang diselenggarakan oleh akademi berbagi. komunitas onliner yang mengadakan kelas-kelas pendek tanpa dipungut biaya.

@mumualoha menambahkan, ketika teknologi melahirkan blog dan twitter, masihkah perlu kita menulis bagus? karena saat ini setiap penulis bisa sekaligus menjadi publisher. sehingga tulisan mempunyai “penggemar”nya masing-masing. otomatis, menulis apapun dan bagaimana pun pasti dipuji-puji.

menulis bukanlah menjawab hal-hal penting. karena semua tema adalah setara. menulis mengenai follower di twitter tak kalah seksinya dengan ketika menulis yang bertema feminisme atau tentang teroris.

di twitter yang hanya menyediakan 140 karakter, ide yang akan kita sampaikan harus diperas sampai habis agar tak terpotong dan maknanya hilang. efektif dan efisien mungkin tepatnya. bagus? belum tentu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*