dunia yang tetap (tak) berubah

amplang

sekarang ini dunia seperti berlari. tempo perubahan begitu sangat cepat. akibat cara baru berkomunikasi. dengan internet, informasi bisa diterima tanpa jeda waktu. namun dibalik semua perubahan yang hectic itu, ada satu yang tak berubah.

kesibukan kerja orang kantoran saat tak ada lagi selain mengganti status di facebook, mengupdate profile dan mengupload foto-foto. selain berkomentar saling meledek dan men “tag”.

mereka ingin mengabarkan kepada dunia, apa, dimana, kapan, bagaimana keadaanya saat ini. jejaring sosial itu mampu membuat orang bisa berinteraksi tanpa kendala waktu, lokasi dan aktivitas. dunia yang makin datar. apalagi ditambah dengan adanya telepon, instant messanger dan email.

tentu saja sarana itu dimaksudkan untuk mengakrabkan teman, mencari pasangan atau sekedar mengisinya dengan perbincangan untuk mengalahkan waktu. tanpa perlu bersusah-susah berjalan panjang., apalagi menyusuri gurun atau menghalau gemuruh angin dan badai.

sejak kemunculan jejaring sosial itu, justru orang-orang makin sering bertemu dan berjabat tangan. komunitas-komunitas bermunculan bak jerawat di saat musin cinta. kerumunan di kafe, warung angkringan dan tempat-tempat wisata (kuliner) makin riuh.

masih ingat dulu jaman interkom, sahabat pena? dan peristiwa itu kembali berulang. sampai-sampai sekarang ini ada komunitas yang menamakan kopdar jakarta. ternyata bertatap pandang tetap tak tergantikan oleh video cam.

dan pagi ini, tak terduga aku menerima kiriman. sebuah kotak besar, terbungkus plastik warna hitam. sesuai alamat yang diterakan, pengirim dari martapura. ketika kubuka, betapa senangnya! berbungkus-bungkus amplang ikan tengiri merek lidya di dalamnya. ada apa ini kok tiba-tiba mengirimkan makanan khas daerahnya itu?

ini mengingatkanku pada kejadian masa bocahku dulu. seorang penyiar radio yang mengatakan sering menerima kiriman. bukan cuma lagu namun juga buku atau mainan atau sovenir lucu.

(*foto dari : samarindaonline.blogspot.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*