59.533.249.5-019.000

hari ini aku memperoleh kartu npwp (nomor pokok wajib pajak). nomor cantiknya sebanyak 15 digit. artinya,detik ini juga aku telahmenjadi warga negara yang baik.

kartu yang bentuk fisiknya berwarna kuning itu, selain menerakan nomor, juga nama dan alamat lengkap. juga tanggal kita terdaftar sebagai wajib pajak di direktorat pajak. di sebaliknya ada tulisan yang fontnya cukup tebal “bersama anda membangun bangsa”.

aku belum paham apa fungsi kartu ini. aku langsung memencet nomor 500200, kring pajak. dari seberang sana suara perempuan menyapa ramah. lisa namanya. dia menjelaskan apa yang aku tanyakan. kartu npwp itu hanyalah nomor yang dipakai untuk membayar pajak penghasilan.

sehingga, kelak andai aku akan membayar pajak rumahku yang di pondok indah, mobil jaguar terbaru dan tanah berhektar-hektar di cianjur itu aku harus membayar ke nomor lain. nomor yang pernah tertera di lembaran tagihan pajak yang lebih panjang digitnya.

lalu apa perlunya npwp di buatkan kartu yang mirip atm itu? andai kalian sudah hafal nomornya, ya tak ada perlunya. di buang juga tidak apa-apa. toh nomor itu masih tersimpan di bagian keuangan di mana tempat kita bekerja.

masak cuman begitu doang? aku menjelajahlah aku ke website direktorat jenderal pajak di http://www.pajak.go.id. wuih canggih banget. semua informasi tersedia lengkap. ada banyak informasi di sana. pertauran perpajakan, program-program kebijakan terbaru, berita perpajakan, sms pajak bumi dan bangunan dan lainnya.

isinya sangat menginspirasi wajib pajak untuk segera berebutan mempunyai kartu npwp. bahkan di header website tersebut terpampang banner yang sangat eye cathing, “lunasi pajaknya, awasi penggunaannya.

sayang selesai menjelajahi semua informasi yang ada di website tersebut, tak ada kabar secuilpun duit yang terkumpul itu untuk apa. nah lo!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*