kampanye-kampanye

mui memfatwakan, tak nyoblos pada pemilu maret nanti tak berdosa, andai pemimpin yang layak tak ada. lepas dari kalian percaya atau tidak fatwa itu, mari kita cermati calon pemimpin itu dari kampanyenya.

pdip mengkampanyekan sembako murah. mayoritas penduduk indonesia adalah petani dan nelayan. mereka penghasil utama kebutuhan pokok. kalau harga sembako murah, nasibnya akan tetap miskin. karena mereka menjual hasil panennya untuk mencukupi kebutuhan lainnya. margin yang petani/nelayan sangat kecil sehingga tetap tak kuat membeli kebutuhan lain. apalagi harga pupuk selalu melangit ketika musim tanam tiba.

gerindra cukup keren visualisasi iklannya di televisi. mengusung tema yang sama, mengusahakan sembako murah. selain itu gerindra menghimbau untuk selalu memakai produk dalam negeri. namun ternyata, konon iklan yang keren itu sutradaranya asing kelas hollywood.

golkar, ingin mengekspor beras tahun ini. partai beringin ini mengklaim telah sukses melakukan swasembada beras. tentang angka-angka riilnya tak disebutkan. dan semua partai juga begitu menyemburkan slogan-slogan kosong tidak jelas.

mereka membuai rakyat dengan kata-kata manis yang sungguh menyesatkan. andai menang semua pemimpin berjanji ingin mensejahterakan rakyat. sejahtera yang seperti bagaimana, gelap. tak ada indikatornya. celakanya tak ada rakyat yang mempersoalkan. atau malah karena mereka telah begitu apatisnya?

andai mereka punya keinginan baik untuk benar-benar mensejahterakan rakyat, mestinya mereka berani menyodorkan angka-angka jelas dalam kampanyenya. misalnya andai jadi presiden, angka pengangguran akan berkurang 0.001 persen. pendapatan perkapita naik 1,01 persen dan seterusnya.

adakah calon presiden yang berani menyebutkan targetnya seperti itu?

tentang iklan partai demokrat lebih menyedihkan. mereka mengklaim kesuksesannya dengan berhasil menurunkan bbm tiga kali. duh pak pemimpin partai konstituen tuh memang tak sekeren yang anda bayangkan. namun jangan kebangetan gitu lah. 🙂

jadi… lalu…. oh……

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*