3 doa 3 cinta

3doa3cintax.jpg

akhir-akhir ini aku tak pernah nonton film indonesia. bukan sok sokan, namun karena film indonesia yang tayang kebanyakan temanya lucu atau horor. dan aku tak bisa menikmatinya, selain kata temanku selera humorku aneh.

makanya ketika ada fil-film yang temanya beda, aku selalu sempatkan nonton. 3 doa 3 cinta salah satunya. film yang diperani oleh dian sastro dan nicholas saputra itu seperti yang aku inginkan.

tema besar namun di eksekusi memalui peran-peran sederhana dalam keseharian. rupanya sutradaranya nurman hakim ingin mengatakan pada dunia, islam tak identik dengan terorisme.

melalui seting cerita disebuah pesantren tradisional di jogja, cerita berawal. tiga anak muda bersahabat. setelah lulus mereka membincangkan masa depan. mereka menuliskan keinginannya pada dinding tembok belakang.

huda yang ingin mencari ibunya ke jakarta, rian yang ingin mendirikan video shooting dan sahid, sesuai namanya ia ingin mati sahid dan berjumpa dengan bidadari.

eksplorasi masing-masing tokohnya sangat keren. terutama rian yang sangat fasih berbicara dengan aksen jawanya. juga dian sastro yang memerankan dona satelit.

nurman juga sangat detail menyelipkan adegan-adegan khas pesantren. homoseksual, menyimpan uang dalam lipitan peci dan mengubah arah sandal lily pak kyai ketika pulang ngaji untuk memudahkan pak kyai memakainya. cukup lucu namun wajar.

film ini memperoleh 7 nominasi ffi 2008 dan telah dua kali di putar di ajang festival film di pusan dan dubai. jadug ferianto yang memakai terbangan sebagai ilusttrasi musik di sepanjang film, makin menguatkan suasana pesantren.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*