pemburu layang-layang

pengkhianatan itu tak selalu menyakitkan. namun hukum karma akan memburu pelakunya.

novel yang edisi indonesianya judulnya tak diterjemahkan ini mendapat begitu banyak “komentar” dari berbagai media. people, the wall street journal , publisher weekly dan masih banyak yang lain. bahkan new york time menobatkan sebagai buku best seller.

mereka ternyata tak bohong. aku sangat setuju. selama hanya sehari setengah, buku setebal 600an halaman itu kelar kubaca. ceritanya masih tentang sebuah penderitaan, ketulusan dan penyesalan.

amir yang memanggil ayahnya dengan sebutan baba semula mengira ia tak mempunyai saudara. anak afganistan yang belum pernah mengenal ibunya itu selalu bermain dengan hassan, anak ali, pembantunya. orang-orang menyebut hassan anak hazara.

pada abad 19 kaum hazara mencoba melawankaum pasthun namun kaum pasthun telah menghentikan perlawanan kaum hazara dengan kekerasan yang tak terkatakan. alasannya, kaum hazara menganut islam syiah dan kaum pasthun menganut islam sunni.

hmmm agama masih dipahamai secara sangat salah.

dosa masa lalu itulah yang menjadikan ali, hassan dan kaumnya menjadi kaum kelas bawah di negeri yang selalu begolak itu. tapi baba tak pernah mempersoalkan status hassan dan ali. mereka telah dianggap keluarga sendiri. sampai suatu hari amir mengusulkan bagaimana seandainya mencari pembantu pengganti? baba murka. “hassan harus bersama kita”, jawabnya.

lalu ide licik amir muncul, ia menaruh uang dan arloji dibawah matras hassan. pagi itu semua berkumpul, kecuali amir. baba menanyai apakah hassan mencuri uang dan arloji amir? dengan suara parau, hassan menjawab ya.

ternyata baba memaafkannya. amir terkejut dengan keputusan baba. namun ali dan hassan telah mengepak barang-barangnya yang selama ini disimpan di rumah belakang.

abbah mengemis agar keduanya tetap bisa tinggal. namun anak-bapak itu tetap dengan keputusannya. mereka keluar rumah diantar baba sampai ke terminal. amir mamandanginya dari jendela dengan perasaan tak kalah sedihnya.

amir memang seorang pengecut. ia tak menolong hassan ketika dikeroyok oleh assef ketika memperebutkan layang-layang warna biru yang putus. amir mempertahankan layang-layang itu demi amir. amir merasa bersalah karena selama ini hassan selalu membela ketika diganggu. hassan dengan ketulusan yang sempurna tak pernah mengecewakan amir.

38 tahun kemudian, amir harus menebus kepengecutan yang telah dilakukannya. rahasia besar terkuak setelah ia pindah ke amerika.

selama itu dia tahu, ternyata hassan adalah saudara tirinya.

novel yang ditulis oleh khaleed houseini ini katanya novel pertama tentang afgan yang di tulis dalam bahasa inggris. judulnya kite runner.

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*