hemat air menyelamatkan kehidupan dan peradaban

planet bumi yang sering juga disebut planet biru ini sebenarnya mengandung 75 persen air. namun hanya 3% dari air tersebut yang dapat digunakan sebagai air bersih. dari jumlah itu, hanya 1% yang bisa digunakan sebagai air minum. dengan persediaan air bersih yang sangat sedikit itu, kita harus mulai memanfaatkan air sebaik mungkin. sehingga di kemudian hari kita tak perlu mengalami bencana kekurangan air bersih seperti di beberapa daerah di indonesia pada musim kemarau. misalnya di tepus, wonosari gunung kidul yogyakarta.

waktu itu saya bersama teman melakukan survey ke daerah pesisir pantai selatan itu untuk mengetahui seberapa banyak air bersih yang diperlukan sebuah keluarga ketika musim kemarau. salah satu warga yang kami datangi namanya hasan (45 tahun), seorang petani yang tinggal bersama keluarganya yang terdiri dari dua anak, satu isteri dan mertua perempuan. untuk memperoleh air bersih keluarga itu membangun sebuah bak yang berukuran besar untuk menampung air hujan. pada saat kami ke sana, persediaan air itu telah habis.

tidak ada sumur di sekitar wilayah ini. yang ada hanyalah sebuah waduk kecil yang airnya keruh. air yang sebenarnya tidak layak pakai ini terpaksa dipakai untuk mandi beramai-ramai warga sekampung. hasan denga jumlah keluarga 5 orang, harus membeli air bersih minimal satu truk tangki yang berisi 8000 liter setiap bulan untuk kebutuhan minum dan memasak. apapun akan dijual untuk mempertahankan kelangsungan hidup keluarganya. sebenarnya ada alternatif lain yang gratis, yakni mengambil air dari sumur yang ada di wilayah lain. mereka harus berjalan kaki berkilometer-kilometer untuk membawa pulang air bersih. begitu juga yang dilakukan oleh masyarakat di sana setiap tahunnya. menyedihkan bukan?

beruntung sekali kita yang tinggal di wilayah yang nyaris tidak pernah kekurangan air bersih seperti yang terjadi di tepus. setiap hari, setiap bulan sepanjang tahun masih bisa mandi dan melakukan kegiatan lain tanpa perlu bersusah-payah menemukan air. cukup memutar kran atau memencet tombol, maka air akan dengan otomatis mengucur deras. bahkan sekarang kita bisa memperoleh air bersih yang langsung bisa diminum dengan aman tanpa perlu khawatir adanya kuman-kuman yang berbahaya. cara baru, praktis dan terjangkau ini ditemukan oleh unilever dengan produknya yaitu air

dengan kemudahan inilah kadang kita menjadi abai, memperlakukan air kurang hati-hati. sering kita lupa mematikan kran ketika mengisi bak mandi, sehingga air meluber kemana-mana. atau membiarkan air kran wastafel tetap menyala ketika sedang menggosok gigi. yang yang paling sering tidak kita sadari adalah tidak menghabiskan air minum kita ketika meninggalkan kantor. selain itu masih banyak juga orang yang mencuci mobilnya dengan selang yang mengalir.

kebiasaan-kebiasaan kecil ini jika kita melakukan terus-menerus bukan tidak mungkin akan memberikan efek yang sangat fatal. kita akan kehabisan air bersih. belum lagi pencemaran lingkungan yang terus dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang tidak bertanggung jawab.

untuk menghindari kekurangan air bersih di masa mendatang, sebaiknya kita mulai melakukan pencegahan. selain meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk diatas, dengan usaha sedikit lebih keras kita bisa melakukan aktifitas yang bisa menjaga kelestarian sumber air itu dengan membuat biopori di lingkungan dalam rumah, di taman atau tanah kosong lainnya. cara membuatnya cukup mudah. kita cukup membuat lubang dengan diameter kira-kira 10 cm dengan kedalaman satu meter. lubang itu kita tutup dengan sampah organik lalu kita tutup. jarak antara lubang satu dengan lubang lainnya 50-100 cm. tindakam yang cukup mudah, namun sangat bermanfaat.

di wilayah-wilayah yang sudah tersedia bank pohon, kita bisa meminta bibit-bibit pohon secara gratis untuk kita tanam di sekitar kita atau kita bisa ikut berpartisipasi ketika ada komunitas yang melakukan penanaman pohon di sebuah wilayah kita.

selain itu kita bisa juga mulai melakukan sosialisasi tentang pentingnya menghemat air kepada orang-orang di lingkungan kecil kita. kampanye itu bisa kita lakukan langsung kepada teman-teman baik di lingkungan rumah, kantor atau di komunitas-komunitas yang ada. atau bisa juga melalui social media semacam blog, twitter, forum, youtube, instagram yang sekarang sedang trend. jika mereka telah mempunyai kesadaran bahwa air itu sangat penting untuk melestarikan kehidupan. dengan begitu semoga kedepan tak akan terjadi kekurangan air bersih seperti yang terjadi di tepus, gunung kidul, ypgyakarta

Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*